Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Senin, 28 November 2011

DEMOGRAFI DALAM PERILAKU KONSUMEN

Demografi adalah studi tentang penduduk khususnya mengenai kelahiran, perkawinan, kematian dan perpindahan. Studi ini menyangkut jumlah, persebaran geografis, komposisi penduduk dan perubahannya dari waktu ke waktu. Karakteristik demografi adalah ciri yang menggambarkan perbedaan masyarakat berdasarkan usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, agama, suku bangsa, pendapatan, jenis keluarga, status pernikahan, lokasi geografi, dan kelas sosial.

Tiap-tiap daerah memiliki demografi yang berbeda-beda. Hal ini disebabkan karena tiap daerah memiliki kebutuhan, kemampuan, dan tingkat produktivitas masyarakat yang berbeda. Masyarakat dengan tingkat produktivitas tinggi yang tinggal di kota besar tentunya akan memiliki tingkat mobilitas yang tinggi. Sebagai contoh bila ada info gadget terbaru mereka langsung memburunya. Berbeda dengan masyarakat di desa yang tidak terlalu memikirkan hal tersebut.

Dari berbagai macam karakteristik yang menonjol saat ini adalah masalah kependudukan dalam gaya hidup. Gaya hidup merupakan suatu pilihan seseorang untuk memilih dan menggunakan waktu, uang, energi, rasa, dan kesukaan. Konsep gaya hidup konsumen sedikit berbeda dari kepribadian karena gaya hidup terkait dengan bagaimana menggunakan uangnya dan bagaimana mengalokasikan waktu mereka.Gaya hidup yang diinginkan oleh seseorang untuk mempengaruhi perilaku pembelian yang ada dalam dirinya atau bahkan mengubah gaya hidup individu tersebut.

Dengan adanya demografi, kita dapat relatif lebih mudah untuk mengidentifikasikan target market, informasi demografi memberikan informasi tentang trend yang sedang terjadi, demografi juga dapat dilihat untuk melihat perubahan permintaan aneka produk dan yang terakhir demografi dapat digunakan untuk mengevaluasi kampanye-kampanye pemasaran.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar