Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Rabu, 17 Oktober 2012

TUGAS 1 ETIKA BISNIS DALAM BERBISNIS


Apabila moral merupakan sesuatu yang mendorong orang untuk melakukan kebaikan, etika bertindak sebagai rambu - rambu (sign) yang merupakan kesepakatan secara rela dari semua anggota suatu kelompok. Dunia bisnis yang bermoral akan mampu mengembangkan etika ( patokan/rambu-rambu ) yang menjamin kegiatan bisnis yang seimbang, selaras, dan serasi. Etika sebagai rambu-rambu dalam suatu kelompok masyarakat akan dapat membimbing dan mengingatkan anggotanya kepada suatu tindakan yang terpuji (good conduct) yang harus selalu dipatuhi dan dilaksanakan. Etika di dalam bisnis sudah tentu harus disepakati oleh orang-orang yang berada dalam kelompok bisnis serta kelompok yang terkait lainnya.

Etika bisnis merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat. Etika Bisnis dalam suatu perusahaan dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan/mitra kerja, pemegang saham, masyarakat.
Para pelaku bisnis di sekitar kita tidak semua menggunakan dan mengerti tentang etika dalam menjalankan bisnis. Masih banyak para pelaku bisnis melakukan pelanggaran etika dalam menjalankan kegiatan usahanya. Semua itu disebabkan oleh beberapa  factor, yaitu:
1. Kebutuhan  individu.
2. Tidak  ada  pedoman.
3. Perilaku dan kebiasaan individu yang terakumulasi dan tak dikoreksi.
4. Lingkungan yang tidak  etis.
5. Perilaku dari komunitas.

Ketika ada pelanggaran etika daam menjalankan kegiatan bisnis maka pelaku harus mengatasinya agar pelanggaran etika tidak terjadi lagi yaitu dengan cara sebagai berikut :
1.      Pengembangan tanggungjawab sosial.
2.      Menciptakan persaingan yang sehat.
3.      Menumbuhkan sikap saling percaya antara golongan pengusaha kuat dan lemah.
4.      Konsekuen dan konsisten dengan aturan main yang telah disepakati.
5.      Menumbuhkankembangkan kesadaran dan rasa memiliki terhadap apa yang telah disepakati.
6.      Perlu adanya sebagaian etika bisnis yang dituangkan dalam suatu hukum positif yang berupa peraturan perundang – undangan.


Sumber : www.scribd.com

NAMA   : DEA ADAM
KELAS   : 4EA17
NPM      : 14209818


1 komentar:

Unknown mengatakan...

Terima kasih banyak gan .. berkat artikel ente tulisan ilmiyah saya selesai di tipepedia.com judulnya Etika Penelitian yang Sebaiknya Dilakukan Oleh Peneliti. semoga banyak pengunjungnya gan blognya keren

Posting Komentar